Telur pitan atau telur bitan atau juga biasa disebut telur seribu tahun, merupakan makanan khas dari cina atau masyarakat keturunan tionghoa. Fisik dari telur ini adalah berwarna hitam untuk kuning telurnya dan coklat trasparan untuk putih telurnya, sedangkan aromanya sangatlah khas dimana bau ammonia dan belerang sangat mendominasi.

Cara Membuat Telur Pitan atau Telur Bitan

 

Warna yang dihasilkan oleh telur ini karena perendaman yang dilakukan selama berbulan-bulan menggunakan sekam padi. Sedangkan aroma yang dihasilkan dari adanya alkali yang digunakan dalam proses fermentasi telur ini.

Manfaat

Telur pitan ini biasanya disajikan dengan bubur dingin, menurut ilmu kedokteran tradisional dicina manfaat yang didapatkan dari memakan telut pitan ini adalah menghilangkan panas dalam, menyembuhkan penyakit mata, sakit gigi, menurunkan tekanan darah, dan vertigo.

Bahan

Pembuatan dari telur pitan ini adalah telur bebek direndam dengan menggunakan garam, abu sekam padi, air, daun teh, dan tambahan alkali.

Proses Pembuatan

Telur tadi di lumuri dan didiamkan kurang lebih selama 20 hari ataupun bisa lebih dari sebulan. Akan tetapi penggunaan alkali didalam proses pembuatanya ini masih menjadi perdebatan karena alkali bisa menyebabkan keracunan apabila dimakan terlalu banyak. Walaupun penggunaan alkali berguna untuk mempercepat proses pembuatan telur pitan ini.

Jenis

Ada dua jenis telur pitan yang dikenal saat ini yaitu telur pitan hucai dan jingcai.

 

Untuk telur pitan jingcai sendiri adalah jenis yang paling dikenal. Dimana proses pembuatannya telur bebek pilihan yang direndam dalam campuran air, alkali, garam, daun teh, abu kayu murbei, dan juga tepung jagung, diamkan selama 20hari, kemudian membungkus telur bebek tadi dengan tanah liat yang sudah dicampur dengan air garam kemudian dilapisi dengan sekam padi agar tidak saling menempel, diamkan kurang lebih selama 2 minggu, dan telur pitan jingcai sudah jadi siap dinikmati.

 

Tekstur dari telur pitan jingcai ini memiliki tiga lapisan dimana lapisan luar berwarna hitam bening juga keras, palisan kedua agak lembek dan berwarna kecoclatan bening, dan pada lapisan terakhir tekstur kental dan berwarna kuning keemasan. Aroma yang dihasilkan pun tidak begitu menyengat.

 

Itulah beberapa pengetahuan mengenai telur pitan yang berasal dari tionghoa.