Shampo kering  atau Dry Shampo adalah salah satu produk perawatan rambut yang sangat nyaman bagi mereka yang ingin membersihkan rambut dengan cepat dan menghemat waktu. Ini juga merupakan metode yang sangat nyaman untuk wanita yang malas atau terlalu sibuk tanpa waktu untuk merawat rambut mereka. Pada artikel ini saya akan memberi informasi tentang Dry Shampo.

Secara umum, sampo kering membantu membersihkan rambut Anda tanpa membutuhkan air. Dry Shampo sekarang terdiri dari berbagai bentuk, seperti bubuk atau semprotan, yang bermanfaat menghilangkan minyak berlebih dari kulit kepala sehingga dapat membuat rambut Anda terlihat lebih bersih. Dengan produk ini minyak alami pada rambut juga bertahan lebih lama pada rambut Anda, dan membantu menyuburkan rambut Anda.

Selain itu, sampo kering juga membuat rambut Anda terurai dalam hitungan detik, dan menjaga rambut lebih lembab. Produk ini seperti kertas penyerap minyak, tetapi digunakan untuk rambut.

Dry Shampo cocok untuk rambut apa saja?

Untuk rambut wanita dengan rambut pendek atau poni, penggunaan dry shampo akan mudah menyerap minyak dan keringat dari dahi, dan merubah rambut rambut ikal menjadi lurus hanya dengan sedikit penggunaan dry shampo.

Dry shampo juga dapat dengan cepat mengatasi rambut berminyak dan kering.

Banyak orang berpikir bahwa rambut alami yang tebal, kering atau keriting tidak dapat menggunakan Dry shampo. Tapi faktanya, orang yang memiliki kondisi rambut tersebut masih bisa menggunakan dry shampo!

Kurangnya kelembaban adalah penyebab untuk jenis rambut ini mengeluarkan minyak yang tetapi tidak dapat menyehatkan tubuh dan ujung rambut dengan cepat. Sehingga Anda perlu memiliki lebih banyak waktu untuk keramas  menyuburkan rambut.

Apa rambut kering tidak perlu membutuhkan Dry Shampo?

Mereka yang memiliki kulit kepala yang tidak menghasilkan minyak terlalu banyak atau memiliki kulit kepala kering. Ini adalah Wanita yang beruntung karena rambutnya tidak perlu memiliki minyak tambahan meskipun mereka tidak mencuci rambut mereka selama 3, bahkan 5 hari. Tapi selalu ingat untuk menjaga kondisi rambut dari akar sampai ujung rambut Anda.

Kelebihan dan Kekurangan Dry Shampo

Kelebihan

Shampo kering mungkin tidak dapat sepenuhnya membersihkan kotoran seperti yang kita lakukan ketika keramas menggunakan air, tetapi ini bisa sangat bermanfaat dalam situasi di mana Anda tidak memiliki air atau punya waktu untuk mencuci rambut.

Selain itu, sampo kering juga membantu Anda menata rambut dengan lebih mudah. Ketika rambut mulai berminyak, menggunakan sampo kering akan membantu rambut Anda menjadi lebih bersih atau tidak kotor.

Untuk rambut berminyak, menggunakan sampo kering akan menghemat keramas setiap hari atau bahkan beberapa kali sehari. Semua orang tahu bahwa terlalu banyak mencuci rambut tidak baik untuk rambut Anda. Anda dapat menggunakan sampo kering segera setelah rambut dicuci, untuk memperpanjang waktu sebelum Anda mencuci rambut di waktu berikutnya. Bahkan dengan rambut normal, Anda bisa menggunakan sampo kering untuk meminimalkan keramas. Semakin sedikit Anda mencuci rambut, maka rambut Anda akan semakin sehat.

Kekurangan

Seperti di atas, dry shampo yang sebenarnya tidak mampu membersihkan kotoran seperti mencuci dengan air. Ini hanya metode alternatif saat mendesak, bukan metode untuk penggunaan berkelanjutan dalam jangka panjang.

Ada banyak jenis sampo kering dengan berbagai formula dan bahan di pasaran. Tidak pasti yang mahal akan bagus dan yang murah tidak. Yang penting adalah apakah rambut Anda cocok atau tidak. Jadi, Anda perlu mencari tahu informasi dan review pelanggan dari setiap merek terkenal ataupun dari private label kosmetik untuk memilih jenis yang paling cocok untuk Anda.

Karena Anda tidak mencucinya dengan air, bahan kimia dalam sampo akan tetap berada di rambut Anda dan meresap ke kulit kepala Anda. Bagi mereka yang memiliki rambut sensitif atau selama periode kerusakan, menggunakan dry sampo akan lebih sulit dan akan membutuhkan waktu lebih lama untuk memilih sampo yang tidak akan mengiritasi rambut. Ada sejumlah merek yang memproduksi sampo kering dan alami yang cocok untuk kulit kepala sensitif. Namun, jenis ini seringkali mahal dan sulit ditemukan.

Apakah menggunakan sampo kering dapat menyebabkan rambut rusak?

Beberapa orang mengeluh bahwa minyak kering membuat rambut terlihat abu-abu. Jadi pilihlah Dry Shampo yang cocok dengan kondisi dan warna rambut yang dimiliki.

Apa tujuan menggunakan sampo kering?

Banyak orang secara keliru berpikir bahwa menggunakan sampo kering berarti tidak perlu menggunakan air. Bahkan, penggunaan sampo kering dikaitkan dengan manfaat rambut karena ramuan alami di dalamnya akan membantu rambut menyerap kelebihan minyak, kotoran dan memperpanjang waktu keramas di hari berikutnya. Dengan cara ini, secara langsung melindungi rambut Anda dari kerusakan yang disebabkan oleh keramas yang berlebihan atau paparan berlebihan ke lingkungan yang tercemar.

Selain tujuan ini, shampo kering juga membantu Anda menjaga rambut tetap lurus dan mudah dibentuk tanpa menghabiskan banyak perawatan.

Bagaimana cara menggunakan sampo kering yang benar?

Ketika Anda memiliki tanda-tanda rambut berminyak, gunakan sampo kering untuk menyerap minyak berlebih. Setelah menyemprotkan sampo ke atas kepala Anda, tepuk sampo ke rambut Anda dengan lembut. Sama sekali tidak menggosok sampo sampai ke kulit kepala atau menggunakannya saat rambut masih basah.

Selain membersihkan kulit kepala Anda, sampo kering membantu menjaga rambut Anda bersih dan kering, terutama pada hari-hari yang panas atau selama berolahraga.