Bogor Jawa Barat, terkenal dengan kulinar khasnya. Salah satunya yakni Soto Mie Bogor. Tak hanya di kota asalnya, soto ini juga populer di berbagai kota di tanah air serta di negeri tetangga seperti di Singapura dan di Malaysia.

Soto asli kota hujan yang biasanya dijual dengan gerobak keliling, juga tersaji di banyak restoran-restoran besar dan ternama. Di kota asalnya, kuliner ini bisa dijumpai di pusat dan sudut-sudut kota.

Soto Mie Bogor memiliki ciri khas khusus yang agak berbeda dengan soto jenis lainya. Jika umumnya soto menggunakan mie bihun, soto mie Bogor menggunakan mie kuning basah sebagai salah satu bahan bakunya. Soto ini tersedia dengan beragam lauk seperti daging sapi, babat, usus dan urat.

Untuk menu pelengkap, soto ini disediakan aneka sayur seperti kentang, tomat, timun, kol dan lobak rebus. Ditaburi seledri dan daun bawang merah dan perasan jeruk nipis pada kuah, soto ini makin sedap.

Cara Membuat Soto Mie Bogor Enak

Kuahnya pun khas. Pada soto umumnya berkuah bening atau santan, sedangkan kuah soto mie Bogor berupa campuran cabai merah. Soto mie Bogor dapat dipasangkan dengan sepiring nasi hangat. Dapat dinikmati kapan saja, pagi siang dan malam cukup dengan biaya sekitar 30 ribuan perporsi.

Bahan dan Resep

Jika ingin bereksperimen membuat soto mie Bogor, berikut bahan dan resep yang perlu disediakan :

Mie kuning basah : gunakan mie yang kualitasnya bagus ukuranya bisa 100 gram. Sebagai alternatif, Juga bisa menggunakan mie instan yang sudah direbus sampai matang.

Daging sapi : Selain daging sapi, juga bisa ditambahkan tetelan daging sapi secukupnya (kurang lebih 300 gram) telelan daging sapi dapat menambah hurih kaldu.

Daun salam dan jahe  : sediakan daun  dan jahe alam secukupnya.

Batang Serai dan lengkuas : sediakan 1 batang serai atau menyesuaikan kebutuhan, pukul hingga aroma serai keluar. Untuk lengkuas, digeprek terlebih dahulu dan sediakan secukupnya.

Kaldu sapi  dan gula pasir: untuk menambah aroma dan rasa, sediakan kaldu sapi, takaranya 0.5 sendok teh. Untuk gula pasir, sediakan secukupnya. Untuk menumis bumbu, sediakan minyak goreng secukupnya.

Sayuran : sayuran yang perlu disediakan antara lain tomat segar (2-3 buah), sayur kol (antara 2-5 lembar cukup), cuci hingga bersih sebelum dipotong. Sayur ini adalah bahan pelengkap. Bahan pelengkap lainya, anda bisa menggunakan kentang goreng.