bisa masuk ke perguruan tinggi favorit atau kampus terbaik tentunya membutuhkan persiapan dan usaha yang maksimal. Di Indonesia sendiri, banyak perguruan tinggi, khususnya perguruan tinggi negeri yang banyak peminatnya. Salah satunya adalah Universitas Indonesia atau yang lebih dikenal dengan UI.

UI merupakan salah satu universitas tertua di Indonesia. Selain itu, UI juga termasuk sebagai salah satu perguruan tinggi terbaik dan banyak peminatnya. Karena alasan itu, tidak sedikit yang mengatakan bahwa tidka gampang untuk bisa diterima sebagai mahasiswa di UI. Tidak sedikit pula yang beranggapan bahwa yang diterima di UI adalah orang-orang yang cerdas.

Faktanya, masuk ke UI tidak jauh berbeda dengan jalur masuk ke perguruan tinggi lainnya. Anda bisa memilih untuk mengikuti Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN), Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) atau seleksi mandiri yang diselenggarakan oleh perguruan tinggi.

Jika Anda sudah mencoba jalur SNMPTN dan SBMPTN namun tidak berkesempatan untuk lolos, tidak perlu khawatir. Ada banyak jalan menuju Roma, begitupun untuk masuk UI, ada banyak jalur seleksi penerimaan mahasiswa baru UI yang bisa Anda coba. Selain SNMPTN dan SBMPTN, Anda dapat mencoba penerimaan mahasiswa baru jalur PPKB UI, SIMAK UI dan SIMAK KKI.

pxhere.com

Seleksi jalur Prestasi dan Pemerataan Kesempatan Belajar (PPKB) UI merupakan seleksi yang dilakukan berdasarkan prestasi akademik caon mahasiswa. Berbeda dengan seleksi lainnya, jalur PPKB memiliki syarat khusus, yaitu sekolah Anda harus mendapatakn undangan terlebih dahulu dari UI.

Setelah mendapatkan undangan, selanjutnya kepala sekolah mengisi formulir serta informasi lainnya mengenai sekolah dan data dari siswa yang akan dicalonkan sebagai kandidat pendaftar. Siswa yang direkomendasikan kemudian akan mendapatkan nomor pendaftaran dan password yang akan dilakukan untuk proses pendaftaran.

Saat melakukan pendaftaran, Anda diwajibkan untuk mengisi data diri, memilih jurusan yang akan diambil, mengunggah foto diri, membayar biaya pendaftaran dan dokumen pelengkap lainnya. Biaya pendaftaran tergantung dari program yang Anda pilih, vokasi atau sarjana parallel atau sarjana internasional.

Setelah semua berkas persyaratan berhasil Anda unggah, pihak UI akan melakukan seleksi terhadap semua persayaratan. Penilaian yang dilakukan berdasarkan performa dari sekolah asal, yaitu prestasi yang telah diraih dan dilihat pula kualitas dari alumninya.

pxhere.com

Jalur penerimaan mahasiswa baru UI lainnya adalah SIMAK UI. Mungkin sebagian besar siswa sudah tidak asing dengan jalur seleksi satu ini. SIMAK UI merupakan singkatan dari Seleksi Masuk UI ini merupakan seleksi terpadu yang dilakukan oleh UI untuk calon mahasiswa baru. Tidak beda jauh dengan seleksi SBMPTN, SIMAK UI dilakukan dalam bentuk tes tertulis.

Materi yang diujikan terdiri dari tes kemampuan dasar (KD), tes kemampuan IPA (KA) dan tes kemampuan IPS (KS). Waktu yang diberikan saat mengerjakan tes KD adalah 90 menit yang terdiri dari soal Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris dan Matematika. Sedangkan untuk KA Anda akan diberikan waktu 120 menit dan KS selama 60 menit.

Untuk mengikuti seleksi SIMAK UI, Anda harus mendaftar terlebih dahulu di laman Penerimaan UI. Anda akan diminta untuk membuat akun pendaftaran dan mengunggah dokumen persyaratan. Dokumen persyaratan diantaranya scan ijazah atau salinan ijazah dan transkrip rapor yang telah dilegalisir. Anda diharuskan membayar biaya pendaftaran yang bisa Anda lihat di laman pendaftaran.

pxhere.com

Setelah itu, Anda tinggal mencetak kartu peserta dan mempersiapkan diri untuk mengikuti ujian SIMAK UI. Selain SIMAK UI, bagi Anda yang ingin kuliah di UI dengan kelas internasional, Anda dapat mengikuti seleksi masuk jalur SIMAK KKI UI yaitu Seleksi Masuk Kelas Khusus Internasional UI.

Pelaksanaan SIMAK KKI UI berbeda dengan seleksi SIMAK UI biasa. Meski demikian persyaratan yang harus dilengkapi sama dengan SIMAK UI biasa. Namun ada persyaratan tambahan yang perlu Anda lengkapi. SIMAK KKI UI mengharuskan Anda untuk memiliki sertifikat bahasa Inggris, yatu TOEFL dan atau IELTS.

Tanpa memiliki sertifikat tersebut, Anda tidak dapat mengikuti seleksi SIMAK KKI UI. Hal ini karena kuliah di kelas internasional membutuhkan kemampuan berbahasa asing, khususnya bahasa Inggris. Jika kemampuan bahasa Inggris Anda kurang, maka Anda akan mengalami kesulitan dalam proses pembelajaran.

Materi soal yang akan diujikan terbagi menjadi dua, yaitu Natural Sciences dan Social Sciences. Tidak beda jauh dengan seleksi SIMAK UI, jika Anda mengambil program studi Saintek, maka Anda akan mengerjakan materi soalNatural Sciences. Sedangkan jika Anda mengambil program studi sosial, maka Anda akan mengerjakan materi soal Social Sciences.

Jika Anda ingin mengikuti seleksi SIMAK UI, Anda dapat mempersiapkan diri dengan mengikuti bimbel SIMAK UI pada tempat bimbel yang menyediakan program tersebut. Anda akan mendapatkan modul dan dapat mengikuti try out SIMAK UI.