Kita sering abai dengan kesehatan badan dan anggota panca indra kita. Saking abainya kita baru sadar ada yang tidak beres saat gangguan tersebut sudah buruk.  Sekarang untuk lebih memperdalam pengetahuan mengenai masalah telinga alangkah lebih baiknya kita tau bagian-bagian penting yanga da di dalam telinga manusia. Pertama adalah bagian luarnya dari telinga, bagian ini merupakan bagian terluar yang terdiri dari daun telinga, lubang telinga, dan saluran telinga luar. Bagian yanga da di dalamnya adalah pina atau daun telinga yang berfungsi untuk membantu mengarahkan suara ke dalam liang telinga dan akhirnya menuju gendang telinga. ada juga liang telinga dan gendang telinga atau membran timpani.

Sebenarnya bagian ini dianggap tidak terlalu penting bagi masyarakat, namun yang membuatnya penting adalah organ yang ada dalam bagian tersebut. Rancangan yang beitu rumit dalam saluran bagian ini berfungsi untuk menangkap suara. Bagian terpenting adalah liang telinga, saluran ini dibentuk dari susunan tulang rawan yang dilapisi kulit tipis. Jika organ dalam ini mengalami kerusakan maka suara yang ditangkap tidak akan sampai ke saraf yang terhubung ke otak dan membuat kita lamban merespon suara yang ada di sekeliling kita, atau bahkan kita tidak bisa mendengarnya sama sekali. organ penting dalam menghubungkan suara dari telinga ke otak adalah gendang telinga.

Untuk penggunaanya sendiri sebenarnya bagian ini lebih diutamakan untuk tampilan visual pada manusia. Di barat ada kebiasaan yang menunjukkan orang dengan telinga besar atau tidak simetris membut tampilan seseorang tampak buru, namun di Indonesia orang yang mempunyai bentuk telinga besar lebih diartikan sebagai pendengar yang baik. Yah beda negara memang beda tradisi dan kebudayaannya. Untuk memperbaiki tampilan yang Nampak buruk karena bentuk telinga terlalu besar orang barat biasanya akan melakukan bedah plastik untuk mengatasi hal tersebut. Bedah plastik memang bisa membuat telinga menjadi kecil, operasi ini termasuk ke dalam tingkatan operasi yang besar dengan resiko yang juga besar, jika tidak siap lebih baik bertahan dengan apa adanya saja.