Berbicara mengenai kertas, penggunaan kertas telah dilakukan sejak ribuan tahun yang lalu. Mesir merupakan negara yang pertama kalinya memproduksi kertas secara masal. Jika dahulunya kertas dibuat dengan tampilan yang kurang baik, kini kertas dibuat dengan pertimbangan yang matang sehingga penampilan kertas dirasa jauh lebih baik. Dengan berkembangnya teknologi, ada banyak jenis kertas yang dapat kita manfaatkan. Salah satu kertas yang dapat dimanfaatkan adalah kertas ivory. Kertas ivory merupakan jenis kertas yang berharga mahal namum banyak digunakan untuk kepentingan percetakan.

Karakteristik Kertas Ivory

Karena ada banyak jenis kertas yang beredar saat ini, kita dapat membedakan jenis kertas yang ada melalui karakteristik yang dimiliki oleh kertas tersebut. Untuk karakteristik kertas ivory sendiri, kertas ini merupakan kombinasi antara matt paper dengan art carton. Setiap masing-masing sisi kertas ivory dibuat dengan lapisan yang berbeda. Sisi pertama merupakan kertas dengan tekstur glossy sedangkan untuk sisi lainnya memiliki tekstur doff. Perbedaan laminasi kertas ivory dapat dilihat melalui permukaan kertas ivory itu sendiri. Untuk bagian kertas dengan laminasi glossy, kertas nampak berkilauan dan menghasilkan gambar atau tulisan yang cerah dan tajam. Untuk sisi doff, permukaan kertas ivory nampak jauh lebih sederhana dan memiliki warna yang lebih gelap jika dibandingkan dengan sisi yang dilaminasi dengan glossy. Untuk warnanya sendiri, kertas ivory didominasi dengan warna putih.

Di dalam penggunaannya, kertas ivory banyak digunakan sebagai kemasan. Pada saat kita akan memesan makanan yang berasal dari restaurant, kita dapat menemukan kertas ivory sebagai kertas kemasan makanan. Penggunaan kertas ivory sebagai kemasan makanan disebabkan oleh keamanan yang ditawarkan oleh kertas ivory. Kertas ivory telah lulus uji kelayakan food grade dan tidak mengandung bahan-bahan yang dapat membahayakan kesehatan tubuh. Tidak hanya digunakan sebagai kemasan makanan, kertas ivory dapat pula digunakan sebagai kertas pengemas komestik. Kertas ivory dapat pula dimanfaat dalam pembuatan paper bag dan tempat untuk menempatkan beragam jenis suvenir pernikahan maupun souvenir seminar.