Dengan adanya perkembangan teknologi, permainan kini tidak terbatas pada permainan tradisional. Kini permainan telah hadir dalam versi digital yang dapat dilakukan dengan mudah dimana saja dan kapan saja hanya bermodalkan perangkat elektronik berupa tablet, PC, maupun smartphone. Selain permainan atau game versi offline, kini tersedia pula berbagai game online.

Game online merupakan jenis game yang membutuhkan koneksi jaringan internet untuk dapat dimainkan. Jenis game ini juga dapat dimainkan bersama dengan orang lain yang berasal dari berbagai tempat yang berbeda. Sebagai jenis game yang populer, game online tersedia dalam banyak genre yang dapat dipilih oleh para pemainnya.

Jenis Game Online Populer

Genre game online di antaranya adalah adventure, action, action-adventure, RPG, sports, simulation, strategy dan idle gaming. Di antara berbagai genre game tersebut, genre idle gaming merupakan jenis game yang paling sederhana karena cara memainkannya sangat mudah. Idle gaming dapat dimainkan hanya dengan perintah klik sederhana. Meski begitu, game jenis ini tetap dapat membuat ketagihan.

Game bergenre sports atau olahraga merupakan game yang menjadikan olahraga sebagai pusatnya. Game jenis ini dapat memberikan sensasi atau suasana permainan olahraga sungguhan. Terlebih dengan kemajuan teknologi yang semakin pesat.

pexels.com

Kini tampilan visual, grafik, serta gerakan pada game bergenre olahraga semakin halus dan tampak realistis sehingga dapat membuat pemainnya kecanduan main game. Game dengan genre sports masih dapat dikelompokkan menjadi beberapa sub genre seperti competitive, racing, sports game, dan sports-based fighting.

Game dengan genre strategy merupakan jenis game yang mengajak pemainnya untuk memikirkan strategi tertentu. Jenis game ini mengajak pemainnya untuk berpikir dan bertindak cepat berdasarkan strategi tertentu untuk memenangkan suatu permainan. Game dengan genre strategy bentuknya ada 2 yaitu real time dan turn based.

Sub genre dari game strategy adalah wargame, grand strategy wargame, tower defense, real-time tactics, real-time strategy, artillery game, turn-based strategy, turn-based tactics, multiplayer online battle arena, dan 4X  yang merupakan singkatan dari explore, expand, exploit, dan exterminate.

Game bergenre simulation merupakan game yang memberikan simulasi kejadian di dunia nyata maupun sebaliknya. Sub genre dari game simulation di antaranya adalah vehicle simulation, life simulation, dan construction and management simulation.

Role-playing game atau RPG merupakan suatu genre game di mana pemainnya memainkan suatu peran dalam latar fiksi. Dalam game RPG, dikenal istilah game master atau GM yang memutuskan aturan permainan sekaligus sebagai wasit yang mengawasi para pemain dalam memainkan perannya masing-masing.

Game dengan genre RPG memiliki cukup banyak sub genre yang dapat dipilih seperti Tactical RPG, MMORPG, action RPG, roguelikes, sandbox RPG, choices, fantasy dan cultural RPG seperti JRPG dan WRPG.

Game bergenre action atau laga merupakan game yang mengandalkan kelincahan dan ketangkasan dalam permainannya. Kelincahan dan ketangkasan tersebut sangat diperlukan oleh pemain game bergenre action untuk memenangkan permainan atau game tersebut. Sub genre game ini adalah platform game, survival game, stealth game, fighting game, dan shooter game.

Adventure game merupakan sebuah game yang di dalamnya terdapat alur cerita. Pada game dengan genre ini pemain harus melanjutkan event berikutnya setelah menyelesaikan sebuah event. Dengan kata lain, pemain game ini tidak dapat mengulang event yang telah dilalui.

pexels.com

Game ini memiliki sistem butterfly effect yang memungkinkan apa yang telah dipilih mempengaruhi event berikutnya. Sub genre game ini adalah visual novels, text adventures, real-time 3d adventure novels, graphic adventures, dan interactive movie.

Seperti namanya, genre game action-adventure merupakan genre gabungan dari genre action dan genre adventure. Dengan kata lain, karakteristik pada game bergenre action-adventuresama seperti karakteristik pada game bergenre adventure yang memiliki alur cerita ditambah membutuhkan kelincahan dan ketangkasan seperti halnya game yang bergenre action.

Dengan karakteristik tersebut, pemain membutuhkan kelincahan dan ketangkasan untuk dapat menaklukkan setiap event pada game bergenre action adventure ini. Dengan adanya alur cerita pada game dengan genre action adventure, pemain akan berusaha untuk terus menaklukkan satu per satu event pada game tersebut sehingga dapat menyebabkan pemainnyakecanduan main game.

Berbagai genre game tersebut dapat diunduh atau didownload pada situs penyedia aplikasi salah satunya adalah apkpure. Situs tersebut menyediakan berbagai aplikasi game yang dapat dipilih berdasarkan genre-genre game yang telah disebutkan di atas. Berbagai aplikasi game tersebut dapat didownload secara gratis.

Genre game yang tersedia pada situs apkpure di antaranya adalah game bergenre action atau laga, game arkade, game olahraga dan balapan atau racing, game simulasi, game strategi dan game RPG. Game dengan berbagai genre tersebut dapat didownload secara langsung dengan memilih genre game terlebih dahulu.