Setipa keluarga pastinya memiliki keinginan untuk membangun keluarga yang sakinah. Hal ini dikarenakan di dalam hidup, setiap perubahan berawal dari keluarga. Untuk itu, dengan memiliki keluarga yang mempunyai kehidupan yang bahagia pun merupakan impian semua orang. Dalam ulasan kali ini akan dibahas cara cara yang bisa untuk anda lakukan demi membina keluarga yang sakinah. Berikut simak ulasannya untuk anda.

Beberapa Cara Yang Bisa Anda Lakukan Untuk Mewujudkan Keluarga Sakinah

  1. Dengan Menunaikan Ibadah Bersama Sama

Hal pertama yang bisa untuk sebagai salah satu cara untuk mewujudkan keluarga yang sakinah adalah dengan menunaikan ibadah secara bersama sama. Untuk itu, hal ini pun juga menjadi salah satu tujuan dari pernikahan yakni adalah untuk ibadah. Perlu untuk diketahui ketika membina rumah tangga, pastinya di dalam kehidupan manusia tersebut manusia tidak akan selalu bersenang senang dan juga bermain saja.

Pastinya juga akan ada ibadah dan juga untuk mengurus anak dan berbuat baik kepada tetangga dan orang terdekat. Maka hal tersebut pun juga dapat dikatakan dengan beribadah. Untuk itu, anda pun perlu untuk melakukan hal tersebut dan juga mengimbanginya dengan beribadah kepada yang Maha Kuasa. Hal tersebut tentu saja akan membawa perubahan berawal dari keluarga. Sehingga anda bersama keluarga pun juga bisa untuk membina keluarga yang sakinah.

pexels.com
  1. Dengan Berdiri Pada Pondasi Iman yang Kokoh.

Tak hanya dengan menunaikan ibadah, pastinya untuk mewujudkan keluarga yang sakinah anda pun juga perlu memerlukan sebuah pondasi iman yang kuat. Hal ini tentu saja jika anda ingin memiliki keluarga yang sakinah, maka anda pun bisa dengan memperkuat iman anda kepada Allah SWT. Dimana anda tinggal di Indonesia yang merupakan salah satu bangsa yang religius, maka anda pun pasti percaya bahwa sebuah keluarga yang bahagia pastinya tida melepaskan diri dari nilai keimanan.

Untuk itu, perubahan berawal dari keluarga ini dapat diwujudkan ketika anda mulai awal membina bahtera rumah tangga. Dimana untuk itu, anda dan suami pun bisa dengan sama sama mengokohkan iman kepada Allah SWT. Sehingga nantinya jika anda yang senantiasa beriman, maka anda pun akan selalu dijaga di dalam kebaikan. Serta anda pun nantinya anda juga dijauhkan dari keburukan dan kejahatan.

  1. Dengan Saling Menjaga di Dalam Kebaikan

Pastinya untuk mewujudkan sebuah keluarga yang sakinah haruslah ada kerja sama antara kedua belah pihak, yakni dari pihak istri dan suami. Untuk itu, ciri ciri dari pasangan suami istri yang sakinah adalah dengan saling menjaga dan juga saling menguatkan di dalam kebaikan. Hal ini dikarenakan ketika sedang berada di dalam kehidupan rumah tangga, maka pastinya akan terjadi peristiwa yang menyebabkan turunnya nilai nilai kebaikan seiring dengan bertambahnya usia pernikahan.

Untuk itu, anda pun perlu untuk membuat suasana keluarga menjadi menyenangkan. Jika sang suami malas beribadah atau melalaikan kewajiban untuk keluarga maka istri pun berhak dan memiliki kewajiban untuk mengingatkan. Sehingga dengan mengerti dan mengetahui cara mengingatkan pasangan agar tidak menimbulkan kesalahpahaman dan juga tidak menimbulkan amarah, maka hal ini pun menjadi salah satu ciri dari keluarga yang sakinah.

pexels.com
  1. Dengan Saling Mencintai Dan Menyayangi

Ciri lain dari membina keluarga yang sakinah adalah dengan saling mencintai dan menyanyangi. Dimana perubahan berawal dari keluarga tersebut tentu saja akan membuat keluarga memiliki rasa sayang dan juga menyayangi, baik kepada anak anak dan kerabat dekatnya. Untuk itu, hal ini pun juga dapat berfungsi untuk menghindari konflik yang terjadi di dalam keluarga.

Sehingga jika di dalam sebuah saling mencintai dan menyayangi maka hal tersebut nantinya akan bisa untuk meredam konflik yang terjadi di dalam keluarga. Untuk itu, ketika sebuah keluarga sedang mengalami suatu konflik, jika mereka saling menyayangi maka nantinya mereka akan berusaha untuk memaafkan kesalahan masing masing dan saling membantu ketika sedang melaksanakan tugas dan kewajiban.

  1. Dengan Menaati Ajaran Agama

Bagi anda yang merupakan manusia yang beriman, maka anda pun tentu saja mempunyai kewajiban untuk selalu menaati setiap ajaran agama yang dianutnya. Untuk itu, bagi anda yang beragama Islam, maka anda pun pastinya akan memiliki kewajiban untuk melakukan hal hal yang telah diperintahkan. Serta menjauhi larangan larangan dan juga hal hal yang memang haram untuk dilakukan. Itulah awal dari perubahan berawal dari keluarga.

Sehingga, pastinya anda selalu untuk menaati setiap ajaran agama yang anda anut. Hal ini dikarenakan pastinya setiap ajaran agama pasti akan mengandung maksud yang akan mendatangkan kebaikan bagi seluruh umat. Dan juga akan menghindari malapetakan bagi umatnya. Untuk itu, anda pun juga memang harus diwajibkan untuk menaati ajaran agama demi mewujudkan keluarga yang sakinah.

pexels.com
  1. Kompak untuk mendidik anak

Perubahan yang berawal dari keluarga merupakan sebuah kalimat yang memang benar adanya. Hal ini dikarenakan ketika kecil, anak anda pastinya akan mendapatkan pendidikan dari keluarga. Untuk itu, sebagai keluarga pastinya anda sebagai orang tua haruslah mampu untuk memberi pendidikan dan edukasi yang kelak akan berguna untuk kehidupan anak nantinya. Oleh sebab itu, sebuah keluarga akan saling bahu membahu dalam hal mendiidik dan juga membina anaknya hingga sukses baik di dunia maupun di akhirat.

Sosok Yoyoh Yusroh, yang merupakan seorang ibu dari 13 anakĀ  telah mampu untuk mendidik anaknya hingga menempuh pendidikan yang tinggi. Sehingga nantinya anda pun bisa menjadikan beliau sebagai salah satu sosok wanita yang menginspirasi di dalam mendidik anak. Selain itu, sang suami pun juga senantiasa mendukung sehingga akan terjadi kekompakan untuk mendidik anak hingga menjadi sosok pribadi yang soleh dan juga solehah dan akan membawa perubahan berawal dari keluarga.

Oleh sebab itu, bagi anda yang menginginkan untuk memiliki keluarga yang sakinah maka anda pun bisa dengan mengikuti cara cara yang telah disebutkan tersebut. Hal ini dikarenakan ketika anda ingin mewujudkannya, maka anda pun perlu dukungan dan juga kerja sama dari seluruh keluarga. Sehingga nantinya hal tersebut akan bisa untuk terwujud.