cukup banyak wilayah di Indonesia yang memiliki kekayaan alam yang melimpah. Bahkan dibalik kekayaan alam di Indonesia yang melimpah ini, kita juga bisa menemukan berbagai makanan khas yang enak dan lezat pastinya untuk Anda cicipi. Termasuk salah satunya yang ada di Kota Putusibau yang merupakan Ibukota dari Kabupaten Kapuas Hulu, Kalbar.

Makanan Khas Kerupuk Basah di Putusibau

Berkunjung ke salah satu daerah yang ada di Indonesia memang tidak akan lengkap apabila Anda tidak mencicipi kuliner khasnya dan salah satunya yang ada di tempat ini yaitu kerupuk basah. Kuliner khas yang ada di daerah ini memiliki bahan utama atau bahan dasar dari ikan. Di mana di Pulau Kalimantan ini, lautan cukup luas dan ikan mudah ditemukan di setiap sudut kota.

Kabupaten yang dikenal dengan sebutan Uncak Kapuas ini adalah salah satu daerah yang sekaligus penghasil ikan air tawar yang paling besar di Kalimantan Barat. Kerupuk basah ini ketika masih berada di dalam panci yang akan digunakan untuk mengukus dan ketika akan menikmatinya, maka kerupuk ini enak untuk dinikmati saat masih panas atau hangat.

Meskipun makanan ini dinamakan dengan kerupuk, sekilas makanan ini justru terlihat seperti pempek khas Palembang. Namun, ada beberapa hal yang membedakan makanan ini dengan kerupuk yang lainnya atau yang biasanya diucapkan oleh Bahasa di daerah setempat adalah temet yang dibentuk memanjang dengan panjang sekitar 15 sampai 25 cm.

Kerupuk ini memiliki 2 varian rasa unggulan di mana kerupuk basah ikan toman dan juga ikan belida. Karena bentuknya yang bisa dibilang cukup panjang, maka usahakan sebelum menikmatinya, maka kerupuk ini dipotong-potong terlebih dahulu. Apalagi jika kerupuk ini dihidangkan bersama sambal baik cabe atau sambal sesuai dengan selera Anda sendiri.

Pastinya Anda sangat penasaran bukan dengan rasa dari kerupuk basah ini? Jika Anda penasaran, maka Anda bisa mencicipinya di Kota Putusibau dan membawanya untuk dijadikan oleh-oleh camilan keluarga di rumah.