Ciri-ciri Varian Lovebird Lutino Beserta Harganya

Bagi pecinta burung, tentunya ingin memiliki burung lovebird. Suaranya yang gacor dan warna bulunya, selalu cocok untuk dijadikan burung lomba atau hanya sekedar dipelihara karena hobi. Perlu anda ketahui, lovebird memiliki jenis yang banyak dan beragam. Salah satunya yang menjadi primadona di pecinta lovebird adalah lutino. Apa itu lutino? Dan bagaimana perawatan dan harganya? Supaya anda lebih paham tentang lutino, langsung saja simak ulasan berikut ini.

Apa Itu Lovebird Lutino?

Apakah anda tahu apa Itu lovebird lutino? Jika belum, simaklah penjelasan di bawah ini.

pxhere.com

Ciri-ciri lovebird lutino secara umum

Jika anda menginginkan lovebird dengan warna cerah dan manis, maka anda bisa memilih lovebird jenis lutino. Warna burung ini sangat khas yaitu warna merah cerah pada bagian kepala dengan warna kuning manis di bagian tubuhnya. Selain Itu terdapat warna putih pada bulu sayap. Warna tersebut yang membuat banyak pecinta burung ingin mengoleksinya. Bahkan pada sekitar tahun 2008, lovebird jenis lutino menjadi primadonanya burung lomba maupun gacor. Banyak juga yang belajar untuk ternak lovebird lutino baik untuk sekedar hobi sendiri maupun untuk diperjual belikan kembali.

Apakah anda tahu, asal mula dari lovebird lutino? Sebenarnya, lovebird lutino termasuk jenis burung hasil persilangan yang mengalami mutasi genetik. Persilangan tersebut dari berbagai indukan dengan karakter warna bulu yang berbeda. Sampai pada waktu yang cukup lama baru dihasilkan lovebird lutino. Oleh sebab itu, dalam ternak yang menyukai dalam persilangan lovebird memiliki keuletan Dan kesabaran sampai menghasilkan lovebird mutan. Walaupun demikian, lovebird mitan memiliki banyak peminat an paling sering dicari oleh pecinta burung.

pxhere.com

Perbedaan lovebird lutino mata merah dan mata hitam

Lovebird memiliki banyak varian yang dapat diketahui dari warna bulunya dari kuning, putih, salem, hijau, hitam, coklat, sampai biru. Warna bulu lovebird disebabkan oleh pigmen melanin dan psittasin. Melanin merupakan pigmen pembentuk warna coklat dan hitam. Sedangkan psittasin memiliki pigmen warna merah dan kuning. Dari percampuran pigmen tersebut, warna bulu lovebird terbentuk yang Kemudian diwariskan kepada keturunannya.

Salah satu varian dengan warna yang menarik perhatian pecinta burungĀ  maupun lovebird yaitu jenis lutino. Lovebird lutino ini juga memiliki dua varian yang berbeda yaitu lutino mata merah dan lutino mata hitam. Lutino mata merah memiliki warna merah cerah di bagian kepala, warna pink di bagian leher, sedangkan tubuh dan ekornya berwarna kuning cerah. Bulu terbang pada lutino mata merah memiliki warna putih. Ciri khasnya yang paling menonjol lainnya yaitu warna merah muda pada mata dan kakinya. Untuk lovebird lutino warna hitam sebenernya memiliki warna bulu yang sama dengan lutino mata merah. Hanya saja, lutino mata hitam memiliki warna mata berwarna hitam dan kaki berwarna abu-abu kehitaman.

pxhere.com

Perawatan lovebird lutino

Perawatan lovebird lutino tidaklah susah, sama halnya dalam merawat lovebird jenis lainnya. Dalam perawatan tentunya membutuhkan kebersihan, pakan yang komplit dan teratur, nutrisi tambahan, dan minum. Walaupun tidak sulit, tapi tetap saja anda harus ulet dan telaten supaya menjadi lovebird yang gacor. Pertama, anda menyiapkan kandang lovebird bisa pasangan ataupun koloni. Supaya penyakit tidak mudah menyerang, maka anda harus membersihkan kandang minimal dua kali semiggu.

Bahkan lovebird lutino juga perlu dimandikan minimal seminggu sekali. Untuk pakan, lovebird lutino tidak termasuk burung pemilih. Anda bisa menyiapkan millet sebagai dumber nutrisi utama. Namun ada baiknya juga ditambahkan dengan biji-bijian seperti biji gandum maupun biji kenari. Anda juga bisa menambahkan nutrisi tambhan supaya lutino lebih sehat Dan memiliki suara gacor. Nutrisi tambhan tersebut berupa toge, kangkung dan bah apel.

unsplash.com

Harga lovebird lutino

Jika anda ingin mendapatka lovebird lutino dengan harga yang tidak mahal, anda bisa memilih lutino mata merah. Harga yang ditawarkan juga beragam, bergantung dari umurnya. Untuk lutino mata hitam umur sekitar tiga mingguan, memiliki harga berkisar Rp300.000 per ekor. Sedangkan untuk yang berumur sekitar dua bulan, harga berkisar Rp450.000 per ekor. Tetapi jika anda ingin yang dewasa dan siapa dijodohkan, maka anda harus menyiapkan budget lebih yaitu berkisar Rp550.000 per ekor.

Apabila anda menginginkan lutino mata merah, maka anda siap untuk budget yang lebih besar dari lutino mata hitam. Lutino mata merah juga banyak di tempat ternak, jadi anda akan mudah mendapatkannya. Anakan lutino merah ditawarkan dengan harga berkisar Rp500.000 per ekor. Jika anda menginginkan yang kebih besar, maka harga juga berbeda yaitu sekitar Rp850.000 per ekor until lutino mata merah umur delapan bulanan. Sedangkan, yang sudah dewasa seharga sekitar Rp900.000. Anda juga bisa mendapatkan lutino mata merah yang siap untuk juara kontes dengan harga Rp1.5000.000 per ekornya.

Itulah ulasan singkat mengenai lovebird lutino. Dari mulai ciri-ciri, perawatan sampai harga yang ditawarkan dipasaran. Seperti halnya lovebird yang lain, lutino juga membutuhkan perhatian dalam perawatan.