Belut merupakan hewan yang memiliki bentuk memanjang dengan permukaan kulit yang licin. Di dunia ini kurang lebih terdapat 600 spesies belut. 600 spesies tersebut di kelompokan menjadi 19 family. Dari 19 family tersebut hanya spesies dari keluarga Anguillidae yang hidup di air tawar.

Kandungan gizi dalam belut

Belut memiliki banyak kandungan gizi yang berkhasiat tinggi. Berikut ini adalah beberapa kandungan gizi dalam belut yang bermanfaat untuk tubuh kita.

1. Fosfor

Dalam belut memiliki kandungan gizi berupa fosfor yang berguna untuk menguatkan tulang agar tidak keropos.

2. Zat besi

Kandungan gizi berikutnya dari belut adalah zat besi. Zat besi sangat berguna untuk mencegah penyakit anemia atau kekurangan darah yang mengakibatkan seseorang menjadi lesu.

3. Kalori

Belut mengandung banyak kalori sehingga bisa memenuhi kebutuhan tubuh untuk melakukan aktivitas setiap hari.

Tentang Minyak Belut

Belut memiliki banyak kandungan gizi yang sangat bermanfaat dan berkhasiat. Salah satu cara pemanfaatan belut adalah dengan cara dibuat sebagai minyak. Secara tradisional, minyak belut di buat dengan cara merebus belut pada bagian kepala dan juga daging. Dalam rebusan tersebut di tambah dengan berbagai tanaman herbal lain serta sedikit daging kelapa dan air kelapa.

Belut beserta dengan beberapa bahan tambahan tersebut di rebus dalam tungku dalam panggangan dari bara batok kelapa. Ketika zaman dahulu, pembuatan minyak belut di tambah juga dengan aji-ajian agar minyak belut semakin kuat aura magisnya. Namu itu dahulu. Sekarang minyak belut telah di proses dengan cara yang modern pula dan tidak lagi menggunakan mantra-mantra.

Manfaat dan khasiat minyak belut

Adapun beberapa manfaat dari minyak belut antara lain adalah sebagai berikut.

  1. Berguna sebagai anti racun di dalam tubuh
  2. Minyak belut berguna untuk mencegah penyakit estoeporosis karena belut mengandung fosfor
  3. Minyak belut dapat meningkatkan daya imun dan kekebalan tubuh
  4. Dapat mencegah terserang penyakit kanker payudara
  5. Minyak belut dapat membuat subur rahim dan kandungan
  6. Menambah ukuran alat vitalitas pria dan memperkuat stamina pada pria dewasa.