Media sosial seolah sudah menjelma menjadi suatu hal yang tak dapat dipisahkan dari kehidupan keseharian masyarakat kita. Pasalnya banyak orang yang bahkan hampir setiap momen dalam hidupnya dibagikan melalui salah satu platform ataupun beberapa platform media sosial yang digunakan. Memang sekarang ini ada banyak sekali platform media sosial yang cukup populer, bahkan saking banyaknya bisa dikatakan para penggunanya tidak tahu perbedaan jenis-jenis media sosial yang mereka gunakan itu. Hal tersebut terbilang wajar karena memang sebagian besar diantaranya hanya pengguna saja yang tidak perlu memusingkan tentang jenis apa platform media sosial yang digunakan itu.

Mengenal Jenis-Jenis Media Sosial Terpopuler

Meski sebetulnya tidak harus, tetapi kiranya mengetahui jenis dari platform media sosial yang digunakan merupakan hal yang cukup perlu. Pasalnya dengan mengetahui jenisnya maka apa yang disajikan atau ditampilkan pada media sosial yang dimaksud akan sesuai dengan karakteristik dari jenis media sosialnya. Itulah sebabnya pada kesempatan kali ini akan diperkenalkan beberapa jenis media sosial yang paling populer digunakan belakangan ini, karena sebetulnya cukup banyak jenis media sosial yang ada. Adapun jenis-jenis media sosial populer yang dimaksud antara lain sebagai berikut.

  1. Relationship networks

Jenis media sosial yang pertama yaitu jenis relationship networks yang memungkinkan para pengguna platform media sosial dengan jenis tersebut untuk saling menjalin hubungan. Hubungan yang dimaksud bisa berupa apa saja seperti pertemanan maupun hubungan asmara karena memang tujuannya adalah mempertemukan orang-orang yang ada dalam jaringan media sosial yang dimaksud. Platform media sosial dengan jenis semacam ini bisa dikatakan merupakan jenis yang paling mendominasi, bahkan di Indonesia sendiri telah ada beberapa platform jenis ini yang populer meski kemudian harus segera tenggelam.tetapi paling tidak setiap tahunnya pasti ada saja platform media sosial dengan jenis relationship networks ini beredar dan populer digunakan oleh para pengguna media sosial baik di dalam negeri maupun pada skala global.

  1. Forum diskusi

Tak kalah populer dengan jenis media sosial sebelumnya, jenis yang satu ini juga kiranya  telah berhasil menarik minat para pengguna internet. Konsepnya sebetulnya cukup sederhana yakni sekedar menyediakan ruang diskusi untuk para penggunannya. Ruang diskusi yang dimaksud dapat berupa ruang privat yang memungkinkan dua atau beberapa orang sekaligus berdiskusi dalam wadah yang sama, maupun berupa ruang diskusi publik. Hal yang didiskusikan cukup beragam, bahkan pada dasarnya tak ada batas untuk membahas mengenai hal apapun selama masih dalam koridor yang sesuai ketentuan penggunaan media sosial yang dimaksud. Meski belakangan ini platform media sosial dengan jenis ini mulai langka ditemukan, tetap platform media sosial jenis ini yang sudah cukup lama ada masih cukup eksis dan diramaikan oleh cukup banyak penggunanya.

  1. E-Commerce

Salah satu dari banyaknya jenis-jenis media sosial yang populer sekarang ini ternyata jenis e-commerce. Padahal awalnya jenis media sosial semacam ini sempat diragukan akan mendapat respons yang baik. Hal tersebut karena jenis media sosial satu ini lebih mengarah ke arah dimanfaatkan untuk perniagaan alias perdagangan yang mana tentu saja aktivitas tersebut akan dilakukan secara online. Kebiasaan masyarakat kita yang seolah tak dapat menawar lagi bahwa barang atau produknya harus dilihat terlebih dahulu merupakan alasan utama mengapa jenis satu ini diragukan, tetapi ternyata tak lama berselang sejak adanya platform media sosial dengan jenis ini release, justru muncul cukup banyak platform serupa.

  1. Online Reviews

Pada dasarnya jenis media sosial yang satu ini masih cukup erat kaitannya dengan jenis relationship networks bahkan bagi sebagian orang kedua jenis tersebut tak ada bedanya. Hanya saja jika dicermati lebih lanjut akan ditemukan perbedaan yang cukup jelas dimana pada media sosial dengan jenis online reviews cenderung satu arah. Maksudnya mereka yang melakukan review terhadap suatu apapun itu pada platform media sosial dengan jenis ini tidak melakukan interaksi semacam diskusi dengan pengguna yang lain. Ada pula yang mengatakan media sosial jenis ini sama saja dengan layanan blog seperti halnya Kang Sandi karena hanya sekedar menyampaikan suatu informasi saja. Tetapi kiranya pemahaman demikian kurang tepat karena meski minim, tetapi tetap ada interaksi yang terjalin.

Memanfaatkan Media Sosial Secara Lebih Optimal

Dengan mengetahui jenis media sosial populer seperti di atas maka sebetulnya akan dapat ditemukan celah yang dapat dimanfaatkan lebih optimal dari media sosial itu sendiri. Misalnya pada media sosial dengan jenis relationship networks dapat dijadikan sumber melebarkan jaringan bagi mereka yang perlu memperluas jaringannya. Pasalnya zaman sekarang ini memang tidak mudah memperluas jaringan di dunia nyata, sehingga tak ada salahnya untuk memperluas jaringan di dunia maya. Selain itu salah satu jenis dari jenis-jenis media sosial di atas juga dapat dimanfaatkan sebagai sumber referensi atas berbagai informasi yang dibutuhkan. Misalnya saja pada forum diskusi dan online reviews yang sekarang ini sudah pasti ada jutaan informasi yang dibagikan oleh jutaan orang pengguna media sosial dengan jenis tersebut. Dengan demikian maka adanya media sosial dapat benar-benar dimaknai sebagai berkah bagi kehidupan masyarakat masa kini.