Air merupakan sumber kehidupan.Tanpa air, manusia tidak bisa  masak, minum, mandi, mencuci, ngepel dan masih banyak lagi. Tak cuma manusia, air juga sangat dibutuhkan bagi makhluk lain, baik hewan maupun tumbuhan.

Sayangnya, kualitas air bersih saat ini kian hari kian berkurang. Banyak wilayah mengalami krisis air bersih, salah satunya akibat pencemaran. Pencemaran ini bisa jadi ulah tangan tangan manusia yang tak bertanggung jawab.

Banyak juga industri yang mencemari air dengan membuang limbah ke sungai dan perairan.

Definisi Pencemaran Air

Pencemaran air dapat didefinisikan sebagai masuknya  berbagai zat maupun komponen tertentu ke dalam air. Hal ini biasanya dilakukan oleh manusia, sehingga kualitas air menurun dan bisa saja kotor dan tidak bisa digunakan sebagaimana mestinya.

Ciri Ciri Air Tercemar

Air yang telah tercemar bisa diketahui dari ciri cirinya seperti warnanya yang berubah, rasa dan juga baunya. Air yang tercemar juga bisa diukur dari jumlah mikroorganisme dan kadar keasamaanya. Pengukuran ini memerlukan teknologi khusus dan penelitian lebih lanjut.

Pencemaran air ini bisa terjadi dimana mana. Bisa di lautan, danau maupun hulu dan hilir sungai. Biasanya pencemaran air berasal dari limbah industri maupun limbah rumah tangga yang dibuang ke perairan.

pexels.com

Penyebab Pencemaran Air

Ada banyak sekali penyebab pencemaran air. Berikut ini  beberapa faktor penyebab pencemaran air dilihat dari karakteristiknya, diantaranya :

  • Kekurangan oksigen. Air yang kekurangan oksigen, menyebabkan air tercemar. Oksigen di dalam air berkurang lantaran sampah organik berasal dari air got atau air comberan.
  • Berkurangnya oksigen di dalam air penyebab pencemaran air juga bisa diakibatkan limbah industri yang mengandung beragam polutan. Contohnya toksin organik, nutrien, padatan dan logam berat, serta minyak.
  • Selain itu, pencemaran air juga disebabkan karena efek termal di air limbah.Misalnya pembangkit listrik yang besar kandungan air limbah.
  • Sebagai contoh, pencemaran sungai citarum. Sungai ini dicemari oleh beberapa limbah dari pabrik di sekitar kawasan sungai.
  • Kemudian, sampah juga berkontribusi mencemari air. Bahan peledak yang digunakan nelayan menangkap ikan ditengah laut juga menjadi pemicu pencemaran air.

Dampak Pencemaran Air

Ada banyak sekali dampak tercemarnya air. Baik dampak bagi manusia, ekosistem maupun makhluk hidup lainya.

Berikut ini dampak air yang sudah tercemar, antara lain :

  • Air menjadi kotor dan mendatangkan berbagai jenis penyakit.
  • Menyebabkan erosi dan air bersih berkurang.
  • Bisa menyebabkan bencana banjir bahkan dalam skala besar atau banjir bandang dan tanah longsor.
  • Tanah menjadi tidak subur dan mengganggu ekosistem.
  • Dampak ekonomi bagi nelayan. Jika air tercemari, ikan ikan juga berpotensi tercemari sehingga kualitas ikan menurun dan nelayan merugi.
pexels.com

Contoh Pencemaran Air

Berikut ini contoh pencemaran air yang biasa terjadi di sekitar kita :

  • Limbah rumah tangga maupun limbah industri yang dibuang begitu saja ke perairan tanpa pengolahan lebih dulu. Ini menyebabkan air beserta ekosistemnya rusak dan terganggu lantaran kandungan senyawa toksik di limbah sangat berbahaya.
  • Ikan di laut ditangkapi  dengan memakai bahan peledak. Pemakaian bahan peledak oleh nelayan dalam menangkap ikan sangat berisiko dan berbahaya lantaran merusak ekosistem laut. Tidak cuma airnya, tapi juga berdampak pada gangguan keseimbangan biota laut. Baik ikan, terumbu karang dan spesies laut didalamnya bakal terkena imbasnya, yang terburuk adalah banyak yang mati.
  • Limbah rumah tangga juga sangat berpotensi mencemari air. Selain itu, limbah minyak tumpah di lautan dan limbah nuklir juga sangat berdampak terhadap pencemaran air.

Penanggulangan Pencemaran Air

Tak bisa dipungkiri. Kini, pencemaran air makin marak terjadi yang berakibat fatal bagi kehidupan manusia, lingkungan maupun makhluk hidup lain. Namun bukan berarti tidak ada upaya yang bisa dilakukan. Kita bisa melakukan berbagai penanggulangan pencemaran air. Berikut ini upaya penanggulangan yang bisa dilakukan :

  • Tidak membuang limbah berbahaya ke perairan. Misalnya, dengan menjauhkan pabrik atau industri dari kawasan sungai dan kawasan padat penduduk sehingga air tidak tercemari limbah tersebut. Industri jauh dari pemukiman dan sungai juga bertujuan menghindari pencemaran udara dan lingkungan.
  • Penanggulangan pencemaran air yang bisa dilakukan selanjutnya yakni dengan melalukan pengawasan ketat terhadap penggunaan zat zat pestisida dan kimia. Pastikan penggunaanya wajar dan sesuai peruntukanya.
  • Kemudian, membuang sampah pada tempatnya. Usahakan sampah dikelola dengan baik. Misalnya, pisahkan sampah organik dengan sampah anorganik. Hal ini dapat mengantisipasi dan menanggulangi pencemaran air.
  • Langkah penanggulangan lainya yakni dengan secara intensif melakukan program reboisasi hutan. Hutan dan lahan gundul ditanami kembali. Ini bertujuan agar keseimbangan air dapat terjaga dengan baik.
  • Upaya penanggulangan pencemaran air juga bisa dilakukan oleh setiap orang dengan cara yang sederhana. Misalnya dengan mendaur ulang sampah. Sampah sampah ini diolah menjadi berbagai produk berguna seperti dompet, tas, hingga kerajinan. Selain dapat mencegah pencemaran air juga bernilai secara ekonomis, dapat menghasilkan pundi-pundi uang.

Upaya upaya penanggulangan ini sebaiknya terus menerus dilakukan untuk mencegah pencemaran air, lingkungan dan Hidupsimpel menjadi lebih berarti. Kita semua bisa melakukanya sendiri dan mengajak orang lain untuk melakukanya bersama-sama.