Melihat banyaknya kebutuhan barang dan jasa yang diperlukan untuk menjalankan kehidupan sehari – hari membuat semakin banyak orang yang membuat usaha di berbagai bidang tersebut. Indonesia mempunyai sederet perusahaan yang terkenal dan besar. Pengertian dari perusahaan sendiri adalah sebuah usaha yang mempunyaj kegiatan untuk memproduksi suatu barang yang akan dijual. Perusahaan tidak hanya menghasilkan barang dengan bentuk fisik saja, melainkan ada juga perusahaan yang menyediakan produk berupa jasa.

Jenis – Jenis Perusahaan

Untuk membedakan antara perusahaan satu dengan yang lain maka ada jenisnya tersendiri. Jenis – jenis perusahaan ini bisa ditemukan sangat mudah di Indonesia. Langsung saja mari kita ulas satu per satu mengenai jenis perusahaan yang ada.

  1. Perusahaan ekstraktif

Biasanya perusahaan ini didirikan untuk mengelola berbagai bahan secara alami. Biasanya usaha sebagai nelayan, perusahaan, dan juga tambang.

  1. Perushaaan agraris

Perusahaan yang paling mudah ditemukan di Indonesia adalah perusahaan agraris ini. Perusahaan ini berhubungan dengan tanah dan juga lahan, seperti contoh perkebunan kelapa sawit.

  1. Perusahaan industry

Perusahaan industri biasanya melakukan pengelolaan berbagai bahan menjadi untuk menjadi barang setengah jadi maupun barang yang sudah jadi. Contoh dari perusahaan ini adalah pabrik tekstil, pabrik tahu, dan beberapa pabrik lainnya.

  1. Perusahaan perdagangam

Salah satu perusahaan yang melakukan berbagai kegiatan seperti menyalurkan barang dan jasa. Contoh dari usaha ini adalah toko baju, toko buku, toko mainan, dan beberapa usaha lainnya.

  1. Perusahaan jasa

Berbeda dengan perusahaan barang, perusahaan jasa ini menyediakan jasa saja. Jasa yang biasanya ditawarkan adalah seperti jasa biro haji, umroh, perusahaan travel, perusahaan bus, dan berbagai usaha jasa lainnya.

 

Itulah beberapa jenis perusahaan yang ada di Indonesia. Setiap pengusaha mempunyai pilihannya masing – masing dalam menentukan pilihan usahanya. Itulah sekilas informasi mengenai pengertian dari perusahaan dan juga jenis – jenisnya. Semoga informasi ini bermanfaat bagi anda dan bisa membuat anda paham dengan jenis perusahaan yang ada.