Tahukah Anda mengenai cara mengaktifkan bluetooth di komputer? Bluetooth sendiri sangat membantu pekerjaan Anda. Yakni untuk mengirimkan file antar perangkat.

Media ini akan mempercepat proses pengiriman data. Secara, Anda tidak perlu menggunakan kabel untuk melakukannya. Tetapi, cukup aktifkan Bluetooth dan pengiriman file bisa segera dilangsungkan.

Meskipun begitu, Anda perlu menyadari bahwa Bluetooth ini perlu diatur terlebih dahulu supaya bisa digunakan. Pengaturannya dilakukan untuk memastikan bahwa media ini telah aktif. Karena bila tidak aktif, percuma saja Anda mendekatkan smartphone ke komputer untuk mengirimkan file.

Pada kesempatan kali ini, kami akan membagikan ulasan tentang cara mengaktifkan Bluetooth. Tetapi sebelumnya, mari perhatikan penyebab komputer tidak bisa menjalankan fungsi Bluetooth sebagaimana yang diulas lebih lengkap di https://www.charis.id.

Penyebab Bluetooth Tidak Berfungsi

Mengirimkan file akan terasa lebih mudah ketika Anda memanfaatkan media Bluetooth ini. Pengiriman ini bisa bekerja dengan catatan Anda sudah mengaktifkannya. Tetapi, Anda perlu memahami bahwa tidak sedikit dari komputer yang nyatanya tidak bisa melakukannya.

Alasan utamanya ialah penggunanya belum mengatur keaktifannya. Tidak aktifnya software tersebut membuat pengguna tidak bisa memanfaatkannya. Padahal, media ini sangatlah berguna untuk mempercepat pekerjaan Anda.

Selain belum diaktifkan, ada satu masalah yang membuat pengguna tidak pernah bisa menggunakannya. Penyebabnya ialah Bluetooth ini tidak terpasang dalam komputer.

Ini biasanya dirasakan oleh pemilik komputer lawas. Atau, pengguna tidak menginstall windows versi terbaru. Alhasil, komputer tidak pernah bisa dioperasikan untuk mengirim data melalui media tersebut.

Cara Memeriksa Ikon Bluetooth

Sebelum bisa memanfaatkan sarana pengiriman file dengan Bluetooth di komputer, Anda memang perlu memeriksa keberadaannya terlebih dahulu. Karena tidak semua komputer sudah tersedia media tersebut.

Untuk melakukan pemeriksaan, Anda bisa melihat pada keyboard. Normalnya, keyboard ini memberikan kejelasan tentang spesifikasi dari komputer. Berbagai fungsi penting dalam komputer sudah tersedia pada keyboard.

Jika Anda tidak menemukan ikon gambar dari Bluetooth pada keyboard, ada kemungkinan jika komputer Anda belum terpasang media tersebut. Jadi, Anda perlu menginstall aplikasi supaya bisa menikmati manfaatnya.

Cara pertama ini hanya sebagai sarana pertama yang bisa Anda manfaatkan. Artinya, Anda masih perlu memastikannya. Tentunya dengan melakukan pemeriksaan secara langsung ke dalam sistem.

Bagaimana cara menemukannya? Caranya cukup mudah. Silahkan tekan windows atau start. Kemudian pada kolom pencarian, ketik Device Manager dan tekan Enter.

Di sini, Anda akan menjumpai sejumlah adapter yang terpasang dalam komputer. Perhatikan apakah komputer memang sudah terpasangi dengan Bluetooth atau tidak. Jika tidak menemukannya, berarti Anda perlu memasukannya.

Caranya dengan mencari driver Bluetooth yang compatible dengan sistem operasi komputer Anda. Contohnya dengan menyesuaikan bit komputer. Setelah itu, install dan lakukan pengaturan di device manager.

Ikon Bluetooth yang sudah terlihat di device manager bisa Anda sorot. Kemudian klik kanan dan pilih menu enable. Dengan begitu, Bluetooth bisa segera aktif dan Anda tidak akan kesulitan untuk mengirim file tanpa kabel.

Cara Mengaktifkan Bluetooth Pada Komputer

Cara mengaktifkan bluetooth di komputer ini bekerja bila driver Bluetooth sudah terpasang dalam komputer. Anda tinggal mengaktifkannya melalui device manager. Caranya sudah diulas di atas.

Jika Anda sudah membuat posisi bluetooth enabled, Anda sebenarnya sudah bisa menggunakan. Tetapi, terkadang ada beberapa pengguna yang perlu mengaktifkannya lagi.

Caranya sendiri, Anda cukup memanfaatkan perintah dalam keyboard. Anda bisa menekan FN dan tombol F dengan ikon Bluetooth secara bersamaan. Dari sini, Bluetooth telah aktif dan bisa dioptimalkan untuk mengirim data.

Selain itu, Anda juga bisa menggunakan opsi dari pengaturan komputer. Caranya ialah dengan membuka menu windows (10). Setelah itu, tekan menu setting.

Pada menu windows setting, silahkan pilih menu devices. Ada beberapa menu yang nantinya bisa Anda atur. Di sini, Anda hanya perlu mengaktifkan Bluetooth.

Caranya dengan memilih menu Bluetooth & other devices. Pada opsi Bluetooth, Anda cukup merubahnya ke posisi ON.

Apabila semua cara ini tidak bekerja, solusinya ialah memanfaatkan Bluetooth USB. Ini merupakan komponen tambahan yang mirip dengan flashdisk. Meskipun komputer tidak memungkinkan fungsi Bluetooth di dalamnya, Anda tetap bisa menggunakannya.

Komponen ini bisa Anda dapatkan di toko elektronik. Ketika Anda ingin menggunakannya, cukup colokkan USB Bluetooth tersebut. Perangkat ini akan terdeteksi, dan pengguna bisa segera melakukan pengiriman data dari smartphone.

Itulah beberapa cara mengaktifkan bluetooth di komputer yang bisa Anda gunakan. Sebelum menggunakannya, pastikan bahwa adapter ini telah terpasang. Jika belum terpasang, temukan driver dan install ke dalamnya.