Domba merupakan salah satu hewan ternak yang mirip dengan kambing. Domba yang dibudiyakan di Indonesia umumnya adalah domba lokal yang memiliki tubuh yang kecil. Domba ini juga tidak memiliki bulu yang lebat sehingga masyarakat hanya memanfaatkan dagingnya saja. Selain domba lokal, ternyata ada beberapa jenis domba yang memiliki tubuh yang unik. Penasaran? Yuk simak ulasan di bawah ini.

Domba yang Memiliki Tubuh Unik

  1. Domba Garut

Domba Garut atau biasa disebut domba priangan, merupakan domba yang dihasilkan dari persilangan dari domba lokal dan domba Afrika. Domba ini memiliki badan yang kuat dan berotot serta tanduk besar dan berbentuk spiral. Selain dimanfaatkan dagingnya, domba ini biasanya digunakan sebagai domba aduan yang diikutkan dalam kejuaraan tangkas domba. Domba Garut memiliki bulu yang lebih panjang dibandingkan domba lokal.

  1. Domba Urial

Domba ini merupakan domba yang bisa ditemukan Asia Tengah seperti Iran, Pakistan, Uzbekistan dan Kashmir. Domba jantan memiliki  tanduk yang berbentuk melingkar dan bisa mencapai ukuran 100 cm. Selain itu, domba ini bisa hidup di daerah yang kering maupun padang rumput. Domba urial merupakan jenis domba yang berbulu panjang dengan warna coklt kemerah-merahan. Namun, warna bulunya akan berubah ketika musim dingin.

  1. Domba Southdown

Domba ini adalah domba yang berasal dari inggris dan merupakan domba pedaging. Daging domba Southdown sangat padat dan memiliki nutrisi yang bagus. Ciri-ciri dari domba ini adalah memiliki tubuh yang gemuk dengan kaki yang lebar dan pendek serta bentuk telinga yang bulat dan kecil. Warna bulu domba Soutdown bermacam-macam, ada yang berwarna coklat, putih,hitam atau campuran dari warna-warna tersebut.

  1. Domba Texel

Domba Texel adalah domba yang berasal dari Belanda. Namun, domba ini dapa ditemukan di Indonesia yaitu di daerah Wonosobo atau pegunungan Dieng. Domba Texel memiliki bulu yang keriting dan lembut dengan ekor yang kecil. Berat satu ekor domba Texel bisa mencapai 100 kg. Domba ini merupakan jenis domba yang jinak sehingga tidak lari saat ada orang yang mendekat.

  1. Domba Ekor Gemuk

Domba ekor gemuk dapat ditemukan di daerah Jawa, Madura dan Sulawesi. Domba ini memiliki bulu berwarna putih dan ekor yang gemuk dengan bagian pangkal dan ujung yang kecil. Tubuhnya besar dan tidak memiliki tanduk. Satu ekor domba ekor gemuk jantan memiliki berat sekitar 50 kg sedangkan domba betina beratnya sekitar 40 kg. Domba ekor gemuk memiliki tubuh yang tinggi yaitu sekitar 65 cm.

Selain domba di atas ada beberapa domba yang unik seperti domba kamerun, domba ushant, domba Argali dan domba Thinhorn. Keunikan-keunikan tersebut disebabkan karena tanduk yang besar, bulu yang lebat dan warna yang unik. Namun, kebanyakan domba yang dibudidayakan adalah domba yang memiliki tubuh yang gemuk dan cepat besar sehingga tidak membutuhkan waktu yang lama saat diternak.