Menunaikan sholat adalah kewajiban seluruh umat Islam di dunia. Umat Islam diperintahakan untuk menunaikan sholat lima waktu yang bersifat wajib dan menunaikan beberapa sholat yang bersifat sunnah. Menunaikan sholat betujuan untuk menjauhkan umat Islam dari berbagai hal yang keji dan mungkar. Dengan begitu seluruh umat Islam akan lebih dekat dengan sang pencipta. Sholat dibedakan dalam dua bentuk yakni sholat wajib dan sholat sunnah.

Dalam pelaksanaan sholat  baik sholat wajib maupun sholat sunnah terdapat sunnah – sunnah yang bisa dikerjakan. Mengingat hukumnnya sunnah maka dikerjakan lebih baik namun tidak dikerjakan tidak menjadi dosa. Mengerjakan berbagai hal yang bersifat sunnah bisa digunakan untuk menambah amal ibadah seseorang. Mengenal sunnah – sunnah yang terdapat di dalam sholat bisa menjadi cara menyempurnakan ibadah.

Gerakan Sunnah di dalam Sholat

Sunnah yang bisa dikerjakan di dalam sholat berupa gerakan – gerakan sunnah. Gerakan sunnah ini bisa dijalankan baik di sholat wajib maupun sholat sunnah. Selain berupa gerakan ada juga bentuk hal sunnah di dalam sholat yakni pembacaan doa qunut dan beberapa bacaan lain. Di bawah ini ada beberapa gerakan sunnah yang bisa anda tunaikan di dalam pelaksanaan sholat wajib dan sunnah.

Gerakan sunnah pertama adalah meletakan tangan kanan berada di atas tangan kiri pada bagian atas pusar maupun dada. Gerakan ke dua adalah mengarahkan pandangan ketika sholat ke tempat sujud. Gerakan ke tiga adalah meluruskan punggung dan mengarahkan kepala tepat menghadap depan tanpa ada gerakan merunduh maupun menengadah. Gerakan sunnah ke empat adalah merapatkan semua bagian badan untuk perempuan.

Gerakan sunnah lain di dalam sholat adalah mengucapkan salam dengan tengokan sempurna ke kanan dan ke kiri. Selain beberapa gerakan sunnah tersebut masih ada banyak gerakan sunnah lainnya yang bisa dikerjakan ketika sholat. Itulah beberapa gerakan sunnah yang ada di dalam pelaksanaan sholat. Gerakan sunnah tersebut bisa dijadikan sebagai penyempurna pelaksanaan ibadah umat Islam.

Manfaat Menunaikan Gerakan Sunnah Dalam Sholat

Seperti yang sudah dijelaskan di atas bahwa ada banyak contoh gerakan sunnah yang bisa dikerjakan ketika sholat. Mengerjakan gerakan – gerakan sunnah tersebut memiliki manfaat yang cukup baik. Manfaat menunaikan gerakan sunnah di dalam sholat adalah mampu membuat ibadah menjadi lebih sempurna. Mengikuti sunnah rasul menjadi cara mendekatkan diri kepada Allah SWT.

Tidak ada hukum yang mewajibkan untuk menunaikan gerakan sunnah tersebut. Gerakan sunnah tersebut merupakan gerakan yang dilakukan oleh Rasul. Rasul menjadi suri tauladan bagi seluruh umat Islam sehingga patut untuk diteladani. Mengerjakan apa yang dikerjakan oleh Rasul bisa menjadi cara mendekatkan diri kepada Allah SWT dan mendapatkan ridho Allah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *