Semarang adalah salah satu kota di Jawa Tengah dengan sejumlah destinasi wisata. Mulai dari bangunan berusia ratusan tahun, spot foto unik, hingga wisata alamnya yang menakjubkan. Kota yang dijuluki Kota ATLAS (Aman, Tertib, Lancar, Asri, dan Sehat) ini juga memiliki sejumlah tempat kuliner yang menarik, di antaranya ada Lumpia, Wingko Babat, Tahu Pong, dan sebagainya.

Kota Semarang juga sangat kental dengan arsitektur Eropanya, bahkan kerap disebut sebagai ‘Little Netherlands’ oleh banyak masyarakat. Untuk berkunjung ke Kota Semarang bisa ditempuh dengan Bergama transportasi, mulai dari pesawat, kapal laut, kereta api, hingga bus. Daftar harga sewa bus Semarang atau transportasi lainnya bisa dicek melalui website travel resmi.

Namun, sebelum memulai perjalanan menuju Kota Semarang, kami punya beberapa tips wisata ke Semarang agar liburan menjadi lebih asik. Sebab, tahu sendiri dong, Semarang terkenal dengan cuacanya yang panas menyengatnya, serta dikenal juga dengan kota yang menjadi tujuan bagi banyak wisatawan. Karenanya, ada beberapa tips yang perlu diketahui sebelum berkunjung ke Semarang, yaitu:

Buat itinerary

Ada banyak sekali destinasi menarik di Semarang yang tak cukup dihabiskan dalam waktu satu hari. Karenanya, penting sekali untuk menyusun itinerary atau perencanaan perjalanan, agar waktu tidak terbuang sia-sia untuk berpikir akan ke mana. Rincikan destinasi wisata yang akan dikunjungi setiap harinya dengan memperhatikan arah jalan dan estimasi waktu. Liburan akan terasa lebih efektif.

pexels.com

Hitung biaya perjalanan

Bukan hanya objek wisata saja yang butuh perencanaan. Saat ingin melaksanakan liburan, lakukan pula perincian biaya perjalanan agar pengeluaran tidak membengkak karena liburan. Anda harus pintar-pintar membagi-bagi biaya untuk menginap, makan, dan transportasi selama melakukan perjalanan ke Semarang. Apalagi, Semarang termasuk destinasi wisata yang sering dikunjungi.

Jangan pernah meremehkan hal yang satu ini. Karena, bisa-bisa Anda kerepotan dan akan kehabisan uang di tengah jalan. Selain itu, siapkan pula plot dana untuk berbelanja oleh-oleh. Cari informasi mengenai tempat oleh-oleh yang murah meriah pada situs perjalanan atau lengkapnya pada warga lokal.

Hindari berwisata di hari libur

Selain Jogja, Bandung, dan Malang, Semarang juga merupakan salah satu kota yang banyak pengunjungnya pada waktu libur panjang. Ada baiknya, untuk menghindari berkunjung ke objek wisata di Semarang pada saat hari libur. Sebab, sudah pasti harga tiket transportasi dna penginapan akan melonjak naik. Selain itu, objek wisata juga akan sangat ramai.

pexels.com

Naik kereta atau bus kelas ekonomi

Ada berbagai transportasi yang bisa digunakan untuk menuju ke Kota Semarang. Namun, jika ingin hemat budget, kereta atau bus kelas ekonomi layak dijadikan pilihan. Meski harganya sangat terjangkau kereta dan bus kini sudah sangat nyaman dan ber-AC, lho. Jika pergi bersama rombongan, lebih asik menggunakan bus sewaan. Daftar harga sewa bus Semarang bisa dilihat di situs travel.

Bersosialisasi dengan warga lokal

Sebagai pendatang, janganlah merasa asing dengan tempat yang dikunjungi. Sesekali penting untuk bersosialisasi dengan warga lokal. Kadang, warga lokal kerap memberikan banyak informasi yang lebih lengkap dibandingkan situs-situs perjalanan yang tersebar di internet. Dari obrolan ringan dengan warga lokal, Anda bisa menemukan destinasi wisata baru yang menarik dan belum terjamah.

Dari warga lokal pula, Anda bisa mendapatkan informasi mengenai transportasi murah untuk mencapai lokasi wisata tujuan. Selain itu, jangan lupa untuk selalu berbagi senyum dan sapa pada warga lokal. Sebab, ibaratnya wisatawan adalah pendatang yang ingin menjamahi kawasan milik warga lokal.

pexels.com

Siapkan kacamata hitam dan sunblock

Tips wisata ke Semarang yang cukup penting, namun kerap diabaikan adalah membawa kacamata hitam dan sunblock. Meski terlihat sepele, ini sangat perlu diperhatikan. Kita sama-sama tahu, bahwa Semarang terkenal dengan sinar mataharinya yang begitu menyengat. Untuk itu, dua “senjata” ini wajib dibawa saat berlibur ke Semarang.

Apalagi, untuk para wisatawan yang paling anti terpapar sinar matahari karena takut berkulit gelap. Untuk menghindari terlalu banyaknya barang perintilan bawaan, Anda bisa menggunakan travel pouch dan membawa sunblock dalam ukuran travel size. Gunakanlah “senjata” ini pada saat Anda ingin berkunjung ke tempat-tempat dengan nuansa alam terbuka.

Bawa air minum yang cukup

Cuaca panas Semarang yang begitu terik membuat perjalanan Anda sebagai wisatawan akan sangat melelahkan. Untuk mengurangi rasa lelah dan dahaga agar bisa terus menikmati vibes liburan, sebaiknya bawalah air minum sendiri yang cukup. Hal ini untuk tetap menjaga stamina dan mencegah Anda dari dehidrasi. Tidak asik kan jatuh sakit saat sedang jalan-jalan.

Berwisata adalah sesuatu yang dilakukan untuk refreshing. Oleh karena itu, buatlah suasana wisata Anda semenarik dan senyaman mungkin.